Sunday, June 28, 2009

Wow, Mesin Cuci Cuma Butuh Air Secangkir

LONDON - Ketakutan akan bahaya krisis air bersih di masa mendatang mendorong sejumlah ahli teknologi untuk mendesain peralatan rumah tangga yang hemat air. Seperti yang dilakukan oleh para ahli teknologi dari University of Leeds yang mencoba mengembangkan mesin cuci ramah lingkungan.

Para ahli tersebut mengembangkan mesin cuci yang diklaim cuma membutuhkan air secangkir untuk mencuci banyak pakaian. Hebatnya lagi hasil cucian yang dihasilkan oleh mesin cuci tersebut langsung kering seketika dari mesin cuci.

Seperti dilansir Times of India, Selasa (23/6/2009), pengembang inovasi teknologi itu mengatakan, mesin cuci tersebut mampu menghemat penggunaan air hingga 90 persen jika dibandingkan mesin cuci yang ada di pasaran saat ini. Selain itu, mesin cuci tersebut juga diklaim mampu menghemat 30 persen energi.

Cara kerja mesin cuci itu, tak jauh berbeda dengan mesin cuci yang ada, namun, peran air dalam mesin cuci digantikan oleh ratusan bintik serat polimer yang dapat diganti. Sedangkan air yang diperlukan cukup untuk membantu melarutkan detergen dan menghasilkan uap-uap yang diperlukan untuk melunturkan kotoran pada pakaian.

Para ahli teknologi mendapatkan dukungan dari sebuah perusahaan bernama Xeros. Nantinya, Xeros juga akan bekerjasama dengan sebuah perusahaan bernama GreenEarth Cleaning untuk memasarkan mesin cuci hemat air untuk kebutuhan hotel dan perusahaan laundry and dry cleaning.

"Kami berharap setelah tiga puluh tahun mengembangkan teknologi ini, produk inovasinya dapat bermanfaat dan diterima di pasaran," katanya.

No comments:

Post a Comment